Apa Itu Financial Freedom? Nih, Cek Dulu Penjelasannya!

Bagi pria, istilah ‘mapan’ mungkin melekat pada salah satu faktor yaitu finansial. Khususnya bagi pria yang sudah memiliki karir dan keluarga, apa itu financial freedom tengah banyak jadi pertanyaan. Bukan selalu tentang menjadi kaya dengan uang berlimpah, financial freedom adalah memiliki sisa pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya hidup. Dengan begitu, kita bisa menggunakan waktu yang berharga untuk melakukan hal lain selain bekerja saja. Lalu, sebenarnya bagaimana mendapatkannya?

Apa Itu Financial Freedom? Beda Orang Beda Maknanya

Bagi setiap orang, bisa saja financial freedom berbeda karena memang tidak ada standar bakunya. Sebelum membahas apa itu financial freedom berikut beberapa bentuknya:

  • Kebebasan untuk memilih karir yang disukai tanpa memikirkan soal uang
  • Kebebasan untuk melakukan liburan ke luar negeri tanpa menguras budget
  • Kebebasan untuk pensiun dini

Demi mendapatkan hal-hal tersebut, tidak bisa dengan tips mudah dan cepat jadi kaya. Tapi dengan usaha seperti berikut:

Bebas dari segala utang
Sadar atau tidak, hambatan terbesar mencapai financial freedom adalah utang, bahkan yang terburuk adalah utang dengan bunga mencapai 40%. Meski memang beberapa diperlukan seperti KPR rumah atau pinjaman pendidikan, tapi percayalah Broff bahwa kondisi finansial terbaik adalah terbebas dari utang. Saat mendapatkan uang lebih seperti bonus segeralah bayar utang dan rencanakan untuk anggaran di masa depan.

Apa Itu Financial Freedom? Nih, Cek Dulu Penjelasannya!
https://www.pexels.com/@pixabay

Punya tujuan menabung dan investasi
Meski terdengar sepele dan diulang-ulang, tapi benar adanya kalau investasi sebaiknya dimulai sejak dini dan dimulai dari jumlah kecil. Penting juga bagi kita memiliki tujuan keuangan, misalnya untuk membeli rumah atau kendaraan. Dengan tabungan bulanan, perhitungkan bagian-bagian untuk kebutuhan dan simpanan. Misalnya 40% kebutuhan, 20% cicilan, 30% tabungan masa depan, 10% amal.

Lebih cerdas soal pilihan karir
Mau tidak mau, suka tidak suka, faktanya adalah “alat” pembangun kekayaan terbesar adalah penghasilan. Soal memilih karir, memang ada banyak hal yang dipertaruhkan. Tidak ada alasan untuk tetap terjebak pada pekerjaan dan karir yang buntu, terutama jika itu membuat kita sengsara secara fisik dan mental. Temukan pekerjaan yang disukai sekaligus mendukung tujuan keamanan finansial akan membantu kita dalam menikmati perjalanan finansial. Jawablah beberapa pertanyaan berikut: Di manakah posisi saya 10 tahun mendatang? Apakah pekerjaan ini selaras dengan tujuan saya secara keseluruhan? Adakah kesempatan untuk terus menaikkan jumlah penghasilan?

Apa Itu Financial Freedom? Nih, Cek Dulu Penjelasannya!
https://www.pexels.com/@andersbk

Selalu aktif dalam keputusan finansial
Keputusan finansial yang dimaksud misalnya saat kita menyadari harus membagi-bagi pendapatan ke dalam pengeluaran sehari-hari, tabungan, atau investasi. Pendapatan adalah hal yang kita ketahui dan bisa diukur sendiri, jadi kita harus aktif mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan. Buat rencana keuangan yang realistis, ketahui opsi investasi yang sesuai, dan lain sebagainya.

Jadi, sebenarnya apa itu financial freedom tidak punya standar baku. Tapi pengertiannya lebih kepada keleluasaan dalam hidup karena kita tidak stres lagi soal keuangan, entah itu menghabiskan waktu dengan keluarga lebih sering atau sekedar memanfaatkan momen untuk me time. Setuju, Broff?

Source:
https://www.ramseysolutions.com/retirement/what-is-financial-freedom
https://www.etmoney.com/blog/what-is-financial-freedom-and-ways-to-achieve-it/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.