HauffMen Men's Care

The Two-Minute Rule untuk Cara Kerja yang Produktif, Coba Sekarang!

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar The Two-Minute Rule yang dipopulerkan oleh David Allen sebagai aturan cara kerja yang produktif. Tapi benarkah kita bisa mencapai produktifitas yang sesuai dengan keinginan? Ternyata ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan bila memang ingin menerapkan cara ini dan mendapatkan hasil sesuai.

Cara kerja yang produktif demi perform maksimal

Sebelumnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang The Two-Minute Rule milik David Allen, seorang pakar dan konsultan karir asal University of California ini. Ia mengungkapkan, jika tugas yang harus dikerjakan termasuk sederhana dan bisa dilakukan di bawah dua menit atau kurang, sebaiknya lakukan sekarang dan jangan menundanya. Tapi interpretasi dari aturan yang seharusnya bisa membantu sebagai cara kerja yang produktif ini seringkali meleset bagi beberapa orang. Dua menit yang dimaksud sebenarnya ada syaratnya, yaitu sebuah pekerjaan yang penting dan urgent. Dalam dua menit itu juga harus ada pertimbangan tepat soal langkah yang dilakukan untuk melakukan sebuah tugas. Kita bisa menerapkan the two-minute rule dengan benar, ketahui dua bagian pentingnya berikut ini:

Kalau bisa dilakukan kurang dari dua menit, lakukan sekarang
Ada sangat banyak kegiatan yang bisa kita lakukan kurang dari dua menit, misalnya saja mencuci piring segera setelah makan, menaruh pakaian kotor, membuang sampah, dan sebagainya. Kalau memang suatu proses pekerjaan bisa diselesaikan kurang dari dua menit, maka segeralah selesaikan. Saat bekerja misalnya mengecek dan membalas email, mengecek detail desain untuk revisi, ataupun sekedar mencatat tugas harian yang harus diselesaikan hari itu juga.

The Two-Minute Rule untuk Cara Kerja yang Produktif, Coba Sekarang
unsplash.com/headway

Saat mencoba kebiasaan baru, seharusnya bisa dilakukan kurang dari dua menit
Bisakah semua goals tercapai kurang dari dua menit? Tentu saja tidak, tetapi setiap goal bisa dimulai dari kebiasaan yang dipupuk sedikit demi sedikit berawal kurang dari dua menit. Memang terdengar sangat basic dan biasa, tapi nyatanya memang terbukti bisa terjadi. Mau coba pola makan sehat? Mulai dari makan satu buah (2-minute rule) setiap hari. Mau rajin jogging tiap minggu? Mulai pakai sepatu lari dan keluar rumah (2-minute rule). Mau jadi sales yang semakin baik? Sapa satu orang berbeda (2-minute rule) setidaknya setiap satu atau dua hari.

Selain Two-Minute Rule, Lakukan Beberapa Hal ini Juga

Melengkapi Two-Minute Rule milik David Allen, kita juga sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini agar menjadi produktif:

Buat to-do list yang masuk akal
Masalah utama to-do list kita gagal dan tidak ada yang berhasil dikerjakan adalah karena distribusi waktu yang tidak seimbang. Lebih baik buat to-do list yang lebih teknikal, buat perkiraan waktu pengerjaan sebuah tugas. Misal kita punya 2 jam ke depan waktu untuk bekerja tanpa jeda, tuliskan tugas yang bisa dikerjakan misal persiapan materi presentasi klien 1 jam lalu brainstorm 1 jam. Istirahat, lalu buat kembali to-do list sesuai perkiraan waktu.

The Two-Minute Rule untuk Cara Kerja yang Produktif, Coba Sekarang
unsplash.com/adolfo-felix

Fokus terhadap satu goal lebih baik
Multitasking ternyata tidak selamanya baik, karena membuat konsentrasi kita terbagi-bagi. Lebih baik coba dengan cara 90-90-1, yaitu berkomitmen untuk memanfaatkan 90 menit pertama dalam hari kita selama 90 hari ke depan untuk mengerjakan pekerjaan paling penting.

The Two-Minute Rule untuk Cara Kerja yang Produktif, Coba Sekarang
unsplash.com/immo-wegmann

Sesuaikan pola kerja diri sendiri
Strategi apapun tidak dapat dilakukan dengan baik kalau kita tidak tahu preferensi personal dalam melakukan sesuatu, termasuk bekerja. Misalnya kita termasuk orang yang lebih suka membuka situs berita sebelum bekerja maka lakukan seperti biasa, atau kita lebih suka remote working maka cari kafe yang nyaman untuk bekerja, tapi jangan lupa sesuaikan dengan kebijakan tempat bekerja.

Cara kerja yang produktif memang bisa didapatkan dengan The Two-Minute Rule asalkan kita paham benar dengan aturan tersebut dan menerapkan dengan cara sesuai. Bekerja dengan perform maksimal akan membawa hasil yang memuaskan. Jangan lupa untuk selalu menerapkan prinsip lebih baik untuk produktif daripada sekedar sibuk, Broff!

Source:
https://maurathomas.com/productivity/2-minute-rule-time-management/
https://www.lifehack.org/articles/productivity/how-stop-procrastinating-and-stick-good-habits-using-the-2-minute-rule.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.