HauffMen Men's Care

Faktanya Pria Juga Bisa Insecure dalam 4 Hal Ini

Hampir sebagian besar orang bilang kalau pria itu makhluk tough dan tegar, merekalah pihak yang tetap kuat dan tidak menangis. Padahal pria juga manusia, pria juga bisa insecure soal berbagai hal. Hanya memang pria-pria lebih memilih menekan dan bersembunyi dari perasaan sebenarnya, entah karena gengsi atau tidak merasa penting untuk dibicarakan.

Most men have an insecurity of some sort. But we're brought up to believe that we can't show them.

Luke Evans

Bisa dibilang dunia pria termasuk dunia kompetisi yang lebih berat daripada cewek, merasa jadi pihak yang memimpin dan bisa diandalkan bisa bikin pria menutup rapat rasa insecure. Lalu, apa sajakah yang menjadi bentuk insecure para kaum Adam ini?

Pria juga bisa insecure dalam hal ini!

Pria itu mendapatkan pride dan kebanggaannya lewat kompetisi yang berjalan seimbang di antara para pria lainnya. Dilansir dari Men’s Journal dan dikumpulkan dari sumber media lainnya, berikut hal-hal yang umum jadi bentuk insecure pria:

Tentang kestabilan hubungan
Siapa bilang cuma cewek yang selalu memikirkan kestabilan hubungannya dengan orang lain? Pria juga bisa insecure soal ini, walau memang sering kali lebih diekspresikan dalam kedekatan lingkungan pertemanan sesama pria. Tidak ada yang bisa memungkiri pria bisa saja meninggalkan urusannya detik itu juga apabila ada teman membutuhkan pertolongan. Tapi ketika pria merasa kepercayaannya dikhianati, akan muncul rasa insecure akibat kehilangan kendali atas hubungan tersebut.

Faktanya Pria Juga Bisa Insecure dalam 4 Hal Ini
Sumber: pexels.com/Vjapratama

Tentang pekerjaan dan karier
Setiap bertemu dengan keluarga besar, pertanyaan seperti “Kerja di mana?” atau “Sekarang sibuk apa?” bisa jadi sama beratnya saat cewek ditanyakan “Kapan nikah?”. Kalau tidak ada kenaikan gaji, kemajuan karier, atau perkembangan jabatan dalam waktu tertentu bisa memicu rasa insecure pria. Belum lagi bagi yang sudah menikah dan punya istri dengan posisi karier “lebih tinggi”, hal ini bisa jadi bahan pertengkaran. Padahal tidak ada salahnya orang berjalan dengan kecepatannya masing-masing, karena kunci yang penting adalah tetap fokus.

Tentang kemampuan finansial
Jadi tulang punggung keluarga atau kepala rumah tangga yang baik adalah harapan sebagian besar pria. Tapi hal ini juga yang kadang terus dipikirkan para pria, bahkan bisa terasa beban. Belum lagi kalau mulai membandingkan pendapatan sendiri dengan teman atau anggota keluarga lain, rasa insecure pada pria bisa semakin meningkat. Rencana yang dibuat sejak dini tentang finansial masa depan mungkin memang bisa jadi pilihan terbaik, karena tidak ada kata terlambat.

Faktanya Pria Juga Bisa Insecure dalam 4 Hal Ini
Sumber: pexels.com/Pixabay

Tentang penampilan
Tidak hanya bagi cewek, di era saat ini penampilan juga menjadi faktor rasa insecure bagi para pria. Timbunan lemak di perut, kulit kusam, bau badan, atau rambut berketombe ialah beberapa contoh faktor lainnya. Pria akan sulit bersaing mendapatkan hubungan, karier, atau kondisi finansial yang oke kalau masih mengabaikan penampilan, karena penampilan inilah yang akan meningkatkan rasa percaya diri untuk menunjang kegiatan.

Faktanya Pria Juga Bisa Insecure dalam 4 Hal Ini
Sumber: unsplash.com/Priscilla du preez

Pada dasarnya pria juga manusia biasa yang memikirkan banyak hal dalam satu waktu. pria juga bisa insecure karena berbagai hal, meski memang sebagian besar faktor penyebabnya sama misalnya tentang hubungan, karier, atau penampilan. Poin terpenting adalah sadar atau mengakui rasa insecure tersebut dan mencoba untuk mencari solusinya, karena kalau dibiarkan saja akan menghalangi potensi terbaik dalam diri untuk mencapai kesuksesan. Be different and be awesome!

Source:
https://magazine.job-like.com/alasan-pria-insecure/
https://www.mensjournal.com/health-fitness/most-common-insecurities-among-men-and-how-conquer-them/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.