HauffMen Men's Care

Fakta dan Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit Lebih Cerah Bikin Pede

Seiring populernya salicylic acid sebagai komposisi pembuatan skincare, semakin banyak orang yang mendengar nama bahan kimia yang satu ini. Tetapi masih sebagian besar belum mengetahui seluk beluk manfaatnya. Manfaat salicylic acid untuk kulit berasal dari cara kerjanya mengurangi tingkat pH pada kulit serta membantu memelihara regenerasi kulit untuk mencegah jerawat. Berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat salicylic acid untuk kulit, pria juga wajib tahu!

Memilih produk perawatan kulit juga tidak bisa asal-asalan agar mendapatkan hasil yang optimal. Cara paling utama yang penting yaitu dengan mengetahui bahan dasar produk. Kita bisa memulainya dengan manfaat salicylic acid untuk kulit, yang umum dan banyak dijadikan bahan skincare wanita maupun pria.

Dari manakah salicylic acid berasal?
Pada dasarnya, salicylic acid adalah senyawa kimia yang berasal dari willow tree atau pohon dedalu. Di dalamnya terdapat asam lemak beta hidroksi yang bekerja memecah minyak pada kulit. Salicylic acid mengandung ukuran molekul yang lebih besar daripada senyawa asam lainnya, sehingga akan terasa lembut ketika dipakai dan tidak menimbulkan iritasi.

Fakta dan Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit Lebih Cerah Bikin Pede
shutterstock.com

Jenis kulit apakah yang seharusnya menggunakan salicylic acid?
Pada dasarnya, senyawa kimia yang satu ini aman digunakan di semua jenis kulit. Akan tetapi, efeknya akan bekerja lebih efektif pada jenis kulit yang rentan akan jerawat atau lebih sensitif. Salicylic acid mampu membantu pori-pori tersumbat kotoran lebih baik dan mengandung bahan ringan anti peradangan. Bagi kulit yang cenderung kering, sebaiknya penggunaan produk dengan bahan ini dihindari atau dengan dosis yang lebih sedikit saja.

Manfaat terbaik lain dari salicylic acid

Berikut ini beberapa manfaat terbaik lain dari salicylic acid bagi kulit yang perlu diketahui:

Membantu eksfoliasi sel kulit mati; salicylic acid mampu mendorong pergantian sel dan membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, yang nantinya dapat memperbaiki kulit kusam dan tekstur yang tidak rata.

Melembutkan pori-pori tersumbat; bahan salicylic acid yang mudah melarutkan minyak mampu menembus pori-pori, bantu melonggarkan zat “perekat” yang menyebabkan sel-sel kulit saling menempel, dan menghilangkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan whiteheads, komedo, dan jerawat kecil kemerahan.

Fakta dan Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit Lebih Cerah Bikin Pede

Menghilangkan minyak berlebih; salicylic acid dapat menembus di bawah permukaan kulit untuk membersihkan sebum serta kotoran berlebih pada pori-pori. Dengan begitu pori-pori akan terlihat lebih baik, kulit pun tampak lebih bersih dan cerah.

Mencegah komedo; baik komedo putih (whiteheads) ataupun komedo hitam, salicylic acid mampu menghilangkan dan mencegahnya balik lagi.

Fakta dan Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit Lebih Cerah Bikin Pede
eblogfa.com

Mengurangi peradangan; khususnya bagi pemilik kulit sensitif tidak perlu khawatir lagi. Kandungan dalam salicylic acid terdapat zat yang serupa dengan aspirin dengan fungsi yang sama yaitu anti radang. Zat ini bisa juga untuk mengurangi iritasi ataupun kemerahan yang timbul pada kulit.

Bukan hanya manfaat salicylic acid untuk kulit yang perlu diketahui sebelum memilih produk, tapi beberapa bahan aktif lainnya. Ikuti terus informasi lainnya dari HAUFF untuk tahu lebih jauh soal tips dan trik skincare pria. Be different, be awesome!

Source:
https://www.harpersbazaar.com/uk/beauty/g33559587/best-salicylic-acid/
https://www.byrdie.com/salicylic-acid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.