Tips Mengasah Leadership Skill Bagi Diri dan Orang Lain

Pernah merasa hidup tidak maju-maju dan hanya diam di tempat? Entah itu soal karir atau sebuah hubungan, ternyata banyak hal yang rasanya tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Mungkin saja ini terjadi karena kita tidak bisa mengatur diri dengan baik. Sebelum menjadi leader bagi orang lain, sejatinya kita harusnya menjadi leader yang benar bagi diri dan hidup kita sendiri. Bagaimanakah cara mengasah leadership skill diri sampai benar-benar kita mencapai tujuan yang diinginkan?

Mengasah Leadership Skill, Susah atau Mudah?

Sejatinya, leadership adalah sebuah pola pikir, bukan peran. Diberi peran pemimpin tidak menjadikan seseorang bisa memimpin dengan baik. Semua berasal dari sikap dan pola pikir dalam berbagai situasi. Ketika melihat sebuah peluang, seseorang mampu memanfaatkan potensi diri secara maksimal. Yuk, mulai mengasah leadership skill kita dengan beberapa cara berikut:

Kendalikan pikiran
Kalau selama ini kita selalu merasa pusing dan berat karena masalah tak kunjung terpecahkan, ada saatnya memutar perspektif. Harusnya kita yang mengendalikan pikiran, bukan sebaliknya. Daripada berkata, “Gue gak bisa, kali ini terlalu susah,” lebih baik katakan dengan sudut pandang ketiga, “Lo lagi kesusahan sekarang, gapapa karena nanti lo pasti bisa. Tantangan yang kemarin udah dilewatin jadi kekuatan lo sekarang,” Walaupun terdengar aneh, tapi mengucapkannya dengan bersuara pada diri sendiri terbukti bisa meningkatkan semangat.

Terbuka pada setiap ide dan peluang
Orang yang maju adalah orang yang mau menerima perubahan dan bisa memanfaatkan peluang untuk kebaikan. Ambil ide dan peluang menjadi pengalaman yang nantinya mengantarkan kita jadi sebuah pembelajaran baru, baik itu dalam kehidupan karir maupun sehari-hari. Bersikaplah terbuka dengan pandangan orang lain dan pelajari sisi tersebut, misal dengan mendengar berbagai opini rekan atas sebuah isu. Dengan begitu kita akan bisa mengarahkan diri dan orang di sekitar dengan sendirinya tanpa ada paksaan.

Tips Mengasah Leadership Skill Bagi Diri dan Orang Lain
pexels.com/pixabay

Menjadi produktif, bukan sekedar sibuk
Produktif dan sibuk adalah dua hal yang berbeda, sekedar sibuk cenderung tidak ada goals jelas. Sebaiknya selalu inisiatif dalam mengerjakan sesuatu seperti pekerjaan atau tugas, selain itu juga kita perlu punya target tentang seberapa efektif hal yang bisa dikerjakan hari ini. Berdasarkan pendapat ahli Ekonomi Italia Vilfredo Pareto, orang produktif melakukan 80/20 rule. Caranya adalah mengidentifikasi 20% pekerjaan yang paling penting dan urgent. Lalu memotong 80% pekerjaan lainnya yang belum urgent, maka tersisa lebih banyak waktu untuk produktif. Dengan begitu kita punya harapan dan batasan yang bisa diterapkan saat mengerjakan sesuatu.

Mengutamakan pengembangan diri
Kegagalan merupakan hal yang biasa, dari kegagalan kita bisa berupaya untuk menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Tidak perlu terlalu kecewa jika tidak mendapatkan hal yang diinginkan, hargai proses dalam diri yang mendapatkan pembelajaran dari kegagalan tersebut. Misalnya kita tidak bisa mencapai target pekerjaan, cobalah catat kemungkinan penyebab kegagalan itu dan pelajari lagi cara lain untuk mencapainya dengan cara bertanya dengan orang lain atau membaca sumber ilmiah.

Tips Mengasah Leadership Skill Bagi Diri dan Orang Lain
pexels.com/Cottonbro

Hindari sikap serakah
Betapa indahnya saat kita naik jabatan di kantor, lalu mendapatkan titel yang lebih tinggi serta pendapatan lebih besar. Tapi ingatlah untuk tidak terlena dengan ini, karena semua itu hanyalah bonus. Tanggung jawab yang lebih besar juga akan lebih banyak muncul pada posisi yang berbeda. Dekatkan koneksi dengan orang-orang yang membantu kita berkembang dalam kebaikan. Menjadi leader yang baik akan selalu fokus untuk tidak merugikan diri maupun orang lain.

Memang beberapa orang terlahir dengan leadership yang menonjol, tapi bukan berarti kita tidak bisa. Mengasah leadership skill penting dilakukan untuk mencapai rasa percaya diri dan bisa perform lebih maksimal. Saatnya ambil momen sekarang juga, be different and be awesome!

Source:
https://www.inc.com/lolly-daskal/how-to-be-the-leader-of-your-own-life.html
https://www.success.com/lead-yourself-first/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.