HauffMen Men's Care

Ini Takaran Penggunaan Skincare yang Seharusnya, Coba Cek Lagi

Kalau masih ada yang bilang harus pakai skincare sebanyak-banyaknya untuk hasil yang lebih cepat, sudah pasti ini hoax. Dengan banyaknya jenis produk, takaran penggunaan skincare yang tepat adalah kunci penting untuk mendapatkan hasil terbaik. Kulit sehat dan cerah didapatkan dari proses dan pengetahuan yang dipraktekkan selama beberapa waktu. Nah, siap cek sudah tepatkah selama ini penggunaan skincare kita selama ini?

Takaran Penggunaan Skincare, Beda Jenis Beda Aturannya

Sama seperti minum obat, takaran penggunaan skincare harus tepat demi mendapatkan manfaat maksimal. Dalam hal ini berarti tidak berlebihan ataupun kurang, karena juga bisa menghindari kita dari breakout atau iritasi. Berikut beberapa hal yang penting untuk diketahui:

Takaran penggunaan face cleanser
Membersihkan wajah adalah langkah dasar mendapatkan kulit yang lebih cerah, karena berbagai produk perawatan akan bisa lebih menyerap dan bekerja pada permukaan yang sudah dibersihkan. Gunakan face cleanser sebesar ukuran buah kersen, alias buah “ceri” versi Indonesia atau sering juga disebut talok di beberapa daerah. Takaran penggunaan ini seharusnya bisa untuk diratakan pada wajah dan leher secara menyeluruh. Perlu diingat, penggunaan face cleanser yang terlalu banyak justru akan membuat kulit kering.

Takaran penggunaan sunscreen
Sinar UV matahari yang berbahaya bagi kulit harus dihindari, karena bisa menyebabkan kusam, bintik hitam, hingga kanker kulit. Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen walau tidak keluar rumah, karena sinar UV bisa menembus melalui jendela maupun dinding. Gunakan sunscreen sebanyak 2 jari telunjuk dan jari tengah. Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap tiga jam sekali untuk dapatkan hasil lebih maksimal.

Ini Takaran Penggunaan Skincare yang Seharusnya, Coba Cek Lagi!

Takaran penggunaan moisturizer
Demi kelembapan wajah terjaga selama beraktivitas seharian, kita butuh moisturizer. Tapi jangan sampai salah, kalau menggunakannya terlalu banyak justru bisa membuat wajah jadi greasy alias terasa sangat berminyak setelahnya. Aplikasikan moisturizer sebesar lensa kontak ukuran umum. Aplikasikan merata dari wajah sampai leher, lalu bagian yang sering terlupa yaitu di atas daun telinga yang sejajar dengan hairline.

Takaran penggunaan serum
Kandungan produk yang satu ini terbilang paling aktif atau setidaknya 3x lebih aktif di antara produk lainnya, jadi kita hanya perlu menggunakan serum setara dengan ukuran satu biji kopi. Tapi kalau serum sudah dikemas dalam pipet, kita hanya perlu menggunakannya sebanyak satu tetes atau sesuai dengan aturan penggunaan masing-masing produk. Hati-hati jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan, karena bisa membuat kulit wajah gatal dan iritasi.

Ini Takaran Penggunaan Skincare yang Seharusnya, Coba Cek Lagi!
unsplash.com/@sblaps

Takaran penggunaan face scrub
Perlu dibedakan, scrub penting digunakan sebagai rangkaian eksfoliasi wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Biasanya digunakan seminggu sekali atau maksimal dua kali saja, kalau terlalu sering bisa mengakibatkan lapisan kulit semakin menipis mudah iritasi. Gunakan scrub setidaknya seukuran kacang almon untuk hasil yang maksimal. Dengan melakukan scrub untuk eksfoliasi, kita juga bisa mendapatkan manfaat menghilangkan minyak dan sisa-sisa kotoran pada kulit.

Takaran penggunaan skincare sama seperti obat, sudah seharusnya sesuai tidak berlebihan dan tidak kurang. Jadi merawat diri juga termasuk menjaga takaran ini biar kita bisa dapat hasil kulit cerah sehat terawat, Broff.

Source:
https://www.hipwee.com/tips/takaran-penggunaan-skincare/
https://www.today.com/style/how-much-skin-product-apply-serum-moisturizer-more-t105697

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.