HauffMen Men's Care

3 Tips Cukur Sampai Bersih dan Bebas Iritasi

Mencukur kumis dan jenggot memang sudah menjadi rutinitas yang wajib dilakukan pria demi menunjang penampilan. Bercukur tampak semudah mengambil pisau cukur lalu hilangkan rambut-rambut halus di wajah secepat mungkin. Tapi yakin cara yang selama ini dilakukan sudah benar? Kalau masih mengalami jerawat, iritasi, atau masalah ingrown hair (rambut tumbuh ke dalam), bisa jadi cara kita salah. Cari tahu dulu tips cukur sampai bersih dan tidak menimbulkan luka berikut ini.

Tips Cukur Sampai Bersih dan Tidak Menyebabkan Masalah Kulit

Ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan sebelum bercukur, mulai dari persiapan sampai pembersihan. Sebaiknya jangan terburu-buru, karena bisa berisiko masalah terhadap penampilan wajah dan kesehatan kulit. Coba tips cukur sampai bersih ini dulu Broff agar menghindari berbagai masalah kulit.

Preparation
Persiapkan alat cukur sebaik mungkin, pastikan tajam dan lancar digunakan. Kalau termasuk setiap hari cukur, setidaknya ganti pisau cukur setiap seminggu sekali.  Selain pisau cukur, ada pre-shave oil atau shaving cream yang perlu dipersiapkan agar jenggot lebih halus saat tengah dicukur dan tidak melukai kulit. Pilih sesuai kebutuhan masing-masing, misalnya dengan label khusus untuk kulit sensitif.

Gunakan wadah kecil untuk mencampurkan shaving cream dengan air dingin agar terbentuk busa. Setelah mendapatkan tekstur yang lembut dan ringan, gunakan kuas kabuki untuk mengoleskan di wajah. Kuas ini berguna untuk mengangkat kumis maupun jenggot secara menyeluruh, sehingga mencukur bisa lebih rata.

3 Tips Cukur Sampai Bersih dan Bebas Iritasi
pexels.com/koolshooters

Shaving
Basuh wajah menggunakan air hangat dan gunakan shaving foam yang sudah disiapkan. Diamkan 1-2 menit barulah mulai mencukur. Cobalah bercukur searah dengan pertumbuhan rambut terlebih dahulu, baru kemudian berlawanan arah jika dirasa perlu agar lebih bersih. Tidak perlu menekan alat cukur terlalu kencang, cobalah untuk membiarkan pisau cukur yang tajam meluncur dengan baik di permukaan kulit. Kalau memang alat cukur yang digunakan dalam kondisi maksimal, tidak perlu mencukur area yang sama dua kali.

Jangan lupa untuk membilas alat cukur dengan air hangat setiap beberapa kali. Alat cukur yang tertutup dengan gumpalan rambut dan tidak segera dibersihkan bisa membuat kerja pisau cukur tidak maksimal, nantinya bisa menimbulkan iritasi. Setelah itu, bilas shaving foam dari wajah menggunakan air hangat dan cek kembali apakah masih ada bagian yang terlewat. Ulangi kembali bila memang ada bagian yang belum menyeluruh untuk mendapatkan hasil lebih halus.

3 Tips Cukur Sampai Bersih dan Bebas Iritasi
keywordsbasket.com

After-Shave
Terakhir tapi paling sering dilupakan, bilas kembali seluruh wajah dengan air dingin untuk menyejukkan kulit dan menutup pori-pori. Gunakan produk after-shave dan oleskan pada bagian cukur tadi untuk meredakan iritasi dan kembali bersih. Jangan lupa juga untuk menyimpan kembali pisau cukur di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah terkena kotor dan bakteri yang berkembang biak.

Satu poin penting yang perlu diingat saat bercukur adalah untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Gunakan produk shaving terbaik dan sesuai jenis kulit, iritasi dan masalah kulit pasti bisa dihindari. Terapkan tips cukur sampai bersih tersebut secara rutin dan dapatkan penampilan lebih oke, be different be awesome!

Source:
https://www.realmenrealstyle.com/how-to-shave/

https://www.webmd.com/men/features/mens-shaving-tips

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/tips-mencukur-jenggot-kumis/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.